May 4, 2015

Level Switch Test and Commissioning

 Melihat test and commissioning level switch (531.FB1-531.FB4) di top Feed Bin Cement Grinding Dosing PT. SEMEN BOSOWA BANYUWANGI

Menurut bahasa Level artinya  ketinggian sedangkan Switch artinya saklar, jadi secara keseluruhan Level Switch merupakan saklar otomatis yang digunakan untuk mendeteksi ketinggian. Level Switch ini digunakan untuk mendeteksi suatu volume yang terdapat pada tabung atau tangki penampungan. Sensor dari Level switch berupa besi panjang (sepanjang tempat penampungan/feed bin) yang berfungsi sebagai pendeteksi ketinggian material, sementara rangkaian kontrolnya berbentuk bulat yang terdapat di top feed bin. Rangkaian kontrol bagian dalam terdapat rangkaian elektronik berupa terminal yang dihubungkan ke perangkat listrik, ada 8 terminal dan 7 kabel. Namun yang dipasang hanya 4 kabel, ke-4 ini terdiri dari: kabel power positif (+) dan negatif (-), kabel pendeteksi low, kabel pendeteksi high. Level Switch mempunyai tegangan kerja antara 100-200 Vac dan mempunyai beban kerja sekitar 5 Ampere.

Di PT. Semen Bosowa Banyuwangi terdapat tempat penampungan material atau biasa disebut dengan Feed Bin berbentuk tabung, sehingga memungkinkan untuk menggunakan Level Switch sebagai pendeteksi ketinggian material yang ditampung. Di area 531 (Cement Grinding Dosing) terdapat 4 buah feed bin yang masing-masing menampung material yang berbeda. Test dan commissioning level switch yang berada pada top Feed Bin dilakukan agar level switch dapat mendeteksi dengan baik sehingga dapat mengirimkan sinyal ke CCR.

Prinsip kerja level switch, pada saat material pada feed bin telah mencapai level tertentu (high) dan terdeteksi oleh sensor, maka sensor level switch akan mengirimkan sinyal ke CCR berupa alarm yang mengindikasikan bahwa Feed Bin telah penuh, demikian pula sebaliknya pada saat level switch mencapai posisi low dan terdeteksi oleh sensor, maka sensor akan mengirimkan sinyal ke CCR sehingga CCR akan mengisi Feed Bin dengan material.


 Feed Bin di area 531 (Cement Grinding Dosing)

Tampak pemasangan 4 kabel pada terminal level switch


Test and Commissioning Level switch di top feed bin

0 comments:

Post a Comment